Senin, 05 April 2010

NASIB SI PENAGIH UTANG

Oleh Kia Rangkuti

Adong sada carito, ... santabi diita sude. Ulang nian adong na tarsinggung da.

Pada suatu hari, seorang antropolog bercerita kepada murid-2nya, bahwa perilaku (kebiasaan) dari berbagai etnis di Sumatera dapat dijelaskan ketika anggota masyarakat tersebut dihadapkan pada si penagih utang. Kemudian ant ropolog tersebut menjelaskan masing-masing jawaban tiga kelompok etnis (Mandailing, Karo, Batak Toba) ketika utangnya di tagih.

Hari Pertama, yang didatangi si penagih utang adalah orang Mandailing. Penagih utang berkata: "Saya datang karena waktunya telah tiba agar utang Bapak dilunasi". Jawab orang Mandailing: tanpa menunjukkan rasa bersalah, dan seolah-olah si penagih utang yang salah, "Aduuuh, kog nggak kau bilang dari kemaren, coba kalau kau bilang kian, kan kusiapkan lah uang itu, sekarang mana ada uang lagi di tangan, sudah kubayarkan untuk keperluan lain". Si penagih utang merasa bersalah, kemudian dia pulang.

Hari Kedua, ang didatangi si penagih utang adalah orang Karo. Penagih utang bilang: "Saya datang karena waktunya telah tiba agar utang Nande dilunasi". Jawab orang Karo: "Nakkuuuuu, la lit senkuuuu, anakku pun butuh uang tapi la lit sen ku", dengan menunjukkan wajah yang sedih minta dikasihani. Melihat kejadian itu, si penagih utang turut merasa sedih, kemudian dia pulang.

Hari Ketiga, yang didatangi si penagih utang adalah orang Batak Toba. Penagih utang berkata: "Saya datang karena waktunya telah tiba agar utang Bapak dilunasi". Jawab orang Batak Toba: dengan nada marah, "Apa kau bilang? utang, u...utang, dari sejak terminal sampai rumah ini kau kau saja yang menagih utang, tak ada, pulang kau". Dengan rasa takut melihat tingkah Bapak itu, akhirnya si penagih utang pun pulang dengan ketakutan.

Tiga hari berurut-turut si penagih utang diliputi rasa bersalah, sedih, takut; bercampur menjadi satu. Sekarang, benar tidaknya cerita "antropolog" tadi, mari kita "simak pelan-pelan" dalam kehidupan ini.

Sekali lagi mohon Kia dimaafkan. Santabi mangulai, sapulu noli marsantabi, tarsorah di ita ma manafsirkonna (@kia).
Wass.


Quiz: anda senang dengan tingkah suku?: (A) Mandailing, (B) Karo, (C) Batak Toba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar